.

Rabu, 18 Maret 2020

INSPEKSI, AUDIT INTERNAL DAN OBSERVASI K3L

INSPEKSI, AUDIT INTERNAL DAN OBSERVASI K3L


INSPEKSI K3L
Inspeksi K3L harus dilakukan pada kegiatan workshop dan lapangan proyek sedikitnya setiap bulan pada semua tempat kerja yang dilakukan oleh Production Manager/ Supervisor yang bersangkutan. Inspeksi ini harus sesuai dengan daftar isian terlampir.

Daftar isian harus dimanfaatkan untuk :

• Merinci apa yang akan dicari
• Mengidentifikasikan daerah yang sedang diperiksa
• Mengidentifikasikan hal yang memerlukan perhatian atau yang sudah memuaskan
• Mencantumkan tanggal dan nama orang yang melakukan inspeksi.

Kondisi tidak aman akan diperbaiki secepat mungkin.

Ringkasan data yang ditemukan harus dilengkapi dengan :
• Pokok-pokok tindakan yang diprioritaskan
• Nama yang melakukan inspeksi
• Tanggal diharapkan selesai dilaksanakan.

Supervisor yang bertugas harus menindaklanjuti pokok-pokok tindakan yang diprioritaskan untuk memastikan hal-hal tersebut telah diselesaikan dan melakukan tinjauan lapangan setiap minggu untuk meyakinkan bahwa masalah tersebut telah diketahui.

Hal-hal penting yang memerlukan persetujuan tingkat atas harus di bawa ke Rapat Tingkat Supervisor atau Rapat Tingat Manajemen.

Dokumen inspeksi K3LL Supervisor Manager yang berwewenang, dan tembusannya diserahkan kepada HSE Coordinator untuk kepentingan di masa mendatang.

AUDIT INTERNAL K3LL
Audit   K3LL   menyeluruh akan membuktikan apakah program K3LL serta sarana fisik yang ada sudah memenuhi standar. Pemeriksaan dan pengawasan ini    mengukur    kinerja Sistem Manajemen.

Audit dan Inspeksi K3LL dilaksanakan:


a) Berdasarkan petunjuk yang jelas dan pasti.
b) Dengan  memakai observasi, wawancara, contoh, pengawasan fisik dan tinjauan data-data dokumentasi.

c) Oleh kelompok wakil dari Perusahaan yang tidak memiliki kepentingan pribadi atau mendapat tekanan dari luar, yang dapat memberikan pendapat yang obyektif dan “tak berprasangka”.
d) Program   Audit    Internal K3LL akan disusun setiap tahun.
e) Hal-hal yang   tidak sesuai akan diperhatikan dan diperbaiki

Perusahaan menyediakan Checklist Audit yang harus dipakai   saat   melakukan audit internal.

OBSERVASI K3L

Program Observasi K3L yang diterapkan pada Perusahaan mengacu pada sistem program dari Du Pont telah di pakai oleh industri selama bertahun-tahun dan telah terbukti dapat meningkatkan kinerja K3L.

Tujuan utama Observasi K3L adalah untuk menghilangkan kecelakaan dengan cara melatih para leader, supervisor dan manajer agar secara sistematis memperhatikan dan berkomunikasi dengan orang lain, serta mencegah terjadinya tindakan yang tidak aman.

Semua lini pengawas dan manajemen harus di latih tentang Teknik Observasi K3LL.

Pemakaian Lembar Laporan
a. Lembar laporan digunakan oleh semua lini pengawas dan manajemen sebagai alat. Tujuannya untuk mencatat dan menganalisis segala tindakan yang membahayakan dan gejalanya.

b. Lembar laporan adalah catatan pengamatan tentang semua tindakan yang membahayakan, tanpa memuat nama orang yang di observasi.

c. Lembar Laporan Observasi K3L tersedia di tempat-tempat kerja. Lembar laporan diisi setiap saat setelah dilakukan observasi. Lembar laporan yang telah diisi lengkap harus disampaikan kepada HSE Coordinator.



HSE INSPECTION, INTERNAL AUDIT AND OBSERVATION
HSE INSPECTION
An HSE inspection shall be conducted to workshop and project site at least monthly in all operating areas by the Production Manager/ Supervisor in- charge. This inspection shall be in line with the attached checklist.
An inspection checklist shall be utilised which:

• Itemises what to look for
• Identifies the area being inspected

• Provides for evaluation of needing attention or satisfactory

• Indicates the name of the person doing the inspection and date.

Unsafe conditions will be rectified as soon as practical.

A summary of findings shall be completed with:
• Action items prioritised

• Actionist named
• Completion dates targeted

The Supervisor in-charge shall follow up on action items to ensure they are completed and will have a safety walk- around every week to ensure hazards are being identified.

Any outstanding items requiring resources approved by a higher authority shall be forwarded on to Supervisor and Management HSE meeting level.

Records of planned inspections shall be maintained by the Supervisor with copies to the HSE Coordinator for future reference.

INTERNAL HSE AUDITS

Comprehensive HSE audits verify that the HSE Program and the physical facilities are in compliance with acceptable standards. Audit and inspections measure the performance of the Management System.

Audits and Inspection will be:

a) Based on clear definitive guidelines.

b) Conducted by mean of observations, interview, sampling, physical and review of documented records.

c) Conducted by parties without a vested interest or external pressure who can render an objective “unbiased” opinion.

d) A program of audits will be developed annually.
e) Non-conformance will be addressed and corrected.

Company provided a Compliance Audit Checklist and the checklist shall be used during carrying out internal audit.

HSE OBSERVATION

The applied HSE Observation in Company is using the Du Pont program been used throughout industries for many years and has a proven track record of improving safety performance.

The main objective of the HSE Observation is to eliminate injuries through training leaders, supervisors and managers to systematically observe people, talk with people and to prevent unsafe acts.


All line-supervision and management shall be trained in the HSE Observation Techniques.

The using of Observation Report Sheet
a. The HSE Observation Report Sheet is for use by all members of line supervision and management as a tool. Its purpose is for recording and analysing unsafe practices and their trends.

b. The HSE Observation Report Sheet is a record of observed unsafe acts and should not contain the name of the person observed.


c. The HSE Observation Report Sheets are available at workplaces The HSE Observation Report Sheets shall be completed for each observation. The completed report sheets shall be submitted to HSE Coordinator.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar